Sambutan Kepala Sekolah
an imagePuji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME karena berkat rahmat dan hidayahnya sehingga diberi kemudahan untuk menyelesaikan pembuatan Website SMA Negeri 11 Medan. Hingga saat ....
Peta Sekolah
[wpgmza id="1"]
tampak luar sman 11 medan

tampak luar sman 11 medan

Di sekolahku (SMA Negeri 11 Medan), ada ekskul yang namanya BSC atau yang lebih dikenal Bio Sains Community. Sama seperti artinya, ekskul ini adalah tempat siswa-siswi yang hobby sama pelajaran biologi. Mungkin ekskul seperti ini ada disekolah-sekolah lain, hanya namanya saja yang berbeda.

So, BSC itu tidak terpaku hanya materi saja yang bisa buat kita boring. Tiap minggunya kita melakukan praktikum yang menarik seperti :

Membuat Pupuk kandang dan kompos.
Waktu itu, seharusnya bawa daun-daun yang kering. Tapi, karena kelompok aku gak ada yang bawa, kami memetik daun-daun di depan sekolah. What a funny memories.
Mempelajari morfologi dan anatomi hewan.
Disini, acara yang paling aku suka, yaitu membelah-belah organ tubuh hewan. Membelah hewan kelas pisces (Cyprinus caprio/ikan mas), Molusca (Loligo/Cumi), serta berbagai jenis cacing dan masih banyak lagi yang kalau diceritakan satu persatu disini bisa mengalahkan novel Harry Potter tebalnya. ^_^
Mengklasifikasi hewan – hewan dan tumbuhan sekitar.
Jadi, kami membuat plang nama latin disekitar tumbuhan sekolah, sehingga pas ujian jadi tidak terlalu ribet menghafalnya, karena sudah biasa baca pas duduk-duduk istirahat. Ditambah mengkonsumsi cerebrovit, sehingga cerebellum kita lancar mengingat.
Membuat awetan basah hewan, Herbarium dan Inssektarium.
Koleksi awetan basah yang kami lakukan sekitar 30 spesies kemarin saat menjelajah pantai Sialang buah.
Herbarium atau pengawetan kering tumbuh-tumbuhan juga lumayan banyak dan dari berbagai divisi. Seperti Thallophyta (Jamur Ganggang), Bryophyta(Lumut), Pteridophyta (Paku-pakuan).
Insektarium dan Taksidermi kebetulan belum ada koleksinya, karena bahan-bahannya yang kurang. Tapi kami anggota BSC harus tahu bagaimana mekanisme pembuatannya.

Nah, selain praktikum menarik tiap mingguannya, terdapat juga Study Tour tiap semesternya, seperti :

Menjadi tutor sebaya
Disini, anggota BSC menjadi tutor untuk mengarahkan 40 siswa (1 kelas) ke Gallery Rahmat (Tempat Taksidermi dengan koleksinya yang banyak dan mantab). Jadi, selain kita mempelajari all about Biologi, anggota BSC juga mendapat pelajaran dan pengalaman berharga untuk meningkatkan kualitas komunikasi kita ke orang banyak. Selain itu, kita juga dituntut untuk berani bersuara didepan umum, tidak kaku. Itu penting sekali di zaman sekarang.
Kunjungan ke Lab. Kultur Jaringan
Di lab kultur jaringan ini, kita diajak untuk membuat bibit – bibit siap pakai. Disini kita juga diajar mengenai rekayasa genetik pada tumbuhan. Kalau dulu saya tahunya tumbuhan itu bisa tumbuh dari bijinya, atau batangnya saja, disini saya baru tahu kalau daun juga bisa menjadi bibit unggul. Bahkan, bukan hanya daunnya saja, semua bagian tubuhnya bisa dijadikan bibit unggul. Di tempat ini, kita harus benar – benar steril agar tidak terkontaminasi bakteri.
Camping Time
Camping bukanlah hal yang langka lagi bagi ekskul-eksul disekolah. Tapi, biasanya camping adalah hal yang ditakuti bagi anggota baru disuatu ekskul outdoor. Biasanya, disini anggota-anggota baru dilatih fisik dan mentalnya dengan dimarah-marahi atau dikerjai senior. Tapi, BSC mengadakan camping hanya untuk mencari tumbuh-tumbuhan yang akan di herbarium. Selain itu, diadakan juga games untuk memacu kecepatan berpikir. Ini merupakan bentuk refreshing akibat kesibukan di sekolah yang bikin penat dan jenuh. Tidak ada adegan senioritas menakutkan. Maka dari itu saya suka ekskul ini.

- See more at: http://xcelbrain.com/cool-happening/ekskul-favorite/bsc-bio-sains-community-sman-11-medan/#sthash.PKUo3v4f.dpuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • SISKA (SISTEM INFORMASI AKADEMIK) DARI TELKOMSEL DI SMA NEGERI 11 MEDAN

    SISKA (SISTEM INFORMASI AKADEMIK) DARI TELKOMSEL DI SMA NEGERI 11 MEDAN

    Telkomsel kembali menunjukkan komitmen untuk mendukung penuh peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui penerapan layanan digital pada siswa sekolah. Tingginya pengguna layanan digital pada kalangan siswa mendorong Telkomsel untk memanfaatkan aplikasi mobile digital untuk menunjang pendidikan menjadi alasan diluncurkannya aplikasi sistem informasi pendidikan. SISKA (Sistem Infrmasi Akademik), merupakan program Telkomsel yang telah diluncurkan dan di… Selanjutnya »
  • Merayakan HUT ke-71 RI, SMAN 11 Medan Gelar Pertandingan Olahraga

    Merayakan HUT ke-71 RI, SMAN 11 Medan Gelar Pertandingan Olahraga

    Medan (SIB)- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia (RI), SMA Negeri 11 Medan melaksanakan berbagai pertandingan olehraga, Adiwiyata antar kelas dan pesta rakyat. Hal itu dikatakan Staf Wakasek Kesiswaan yang juga Wakil Ketua Pelaksana HUT ke-71 RI SMAN 11 Medan, Supraba Ika Sari SPd MSi MPd kepada SIB, Selasa… Selanjutnya »
  • Gebyar Kreativitas Siswa 2017 SMAN 11 Medan Dimeriahkan Antraksi Pencak Silat

    Gebyar Kreativitas Siswa 2017 SMAN 11 Medan Dimeriahkan Antraksi Pencak Silat

    Medan (SIB) -Gebyar kreativitas siswa SMAN 11 Medan 2017 dan kompetisi Bahasa Inggiris se-Sub Rayon 11 Medan, Jumat 3-4 Februari 2017 dimeriahkan dengan antraksi pencak silat dari beberapa siswa berprestasi, di antaranya Tiessya Windari (juara 1 kategori tuggal putri O2SN tingkat Provinsi) dan tari persembahan Azizi. Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Provsu Dra Hamidah br Pasaribu… Selanjutnya »
  • Siswa SMA Negeri 11 Ini Libatkan Semua Siswa dalam Kegiatan Keagamaan

    Siswa SMA Negeri 11 Ini Libatkan Semua Siswa dalam Kegiatan Keagamaan

    Laporan wartawan Tribun Medan/ Wiwi Deriana TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebagai bagian dari Badan kenaziran mushola Darul I’lmi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Medan dan Ketua Divisi Agama di OSIS , Adi Hartono, rutin mengadakan kegiatan hari besar Agama Islam di sekolah. Ia menuturkan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan ketaqwaan semua siswa sekolah kepada Tuhan… Selanjutnya »
  • Siswa Berprestasi SMA N 11 Medan Ini Latih Kemampuan Kepemimpinan di OSIS

    Siswa Berprestasi SMA N 11 Medan Ini Latih Kemampuan Kepemimpinan di OSIS

    Laporan wartawan Tribun Medan/ Wiwi Deriana TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menjadi ketua OSIS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Medan, dikatakan Wisnu merupakan kesempatannya untuk melatih kemampuan sebagai pemimpin. Di sini ia juga bisa semakin meningkatkan prestasinya. Karena itu, saat melihat ada kesempatan menjadi Ketua OSIS ia mencalonkan diri dan terpilih. "Menjadi Ketua OSIS mengajarkan… Selanjutnya »
Shoutbox

Loading

WP Shoutbox
Name
Website
Message
Smile
Archives